Gambaran Konsep Diri Santri di Pondok Pesantren
Galuhpritta Anisaningtyas
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri santri yang bersekolah di pondok pesantren, dengan berfokus pada pengalaman santri masuk pesantren, penilaian tentang kehidupannya selama di pesantren dan berujung pada gambaran konsep diri santri di pondok pesantren. Responden dalam penelitian ini adalah santri yang berusia 12-13 tahun dan bersekolah di pondok pesantren lebih kurang 2-3 tahun. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan interview guide sebagai panduan dalam percakapan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, dengan langkah-langkah berupa wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa secara umum gambaran konsep diri responden dimulai saat mengawali sekolah di pondok pesantren. Responden mengalami berbagai hal baik positif maupun negatif. Responden banyak belajar ilmu agama dan juga belajar bersosialisasi dan mengendalikan diri. Hasil dari belajar dan mengelami banyak hal di pesantren, membuat responden mampu menilai dirinya sendiri dan juga mampu menilai perubahan yang terjadi pada dirinya. Kemampuan menilai diri sendiri tersebut, memberikan dampak positif dimana responden memahami kemauan atau keinginan selanjutnya, termasuk cita-cita dan pemilihan tempat kuliah yang akan dijalani responden nantinya.
Kata kunci: Konsep diri, santri, pondok pesantren