Penggunaan Metode Task Based Languange Teaching Untuk Meningkatkan Penulisan Karya Ilmiah Berbahasa Inggris di Prodi Pendidikan Agama Islam STAI At-Taqwa Bekasi
Atmaja
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Attaqwa Bekasi melalui penggunaan metode Task Based Language Teaching (TBLT) dalam menulis karya ilmiah. Desain penelitian menggunakanPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris. Teknik pengumpul data menggunakan pengukuran dan pengamatan langsung. Alat pengumpul data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode TBLT terbukti meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, interaksi dalam pembelajaran, dan kemandirian mahasiswa; (2) Peningkatan rerata kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah yang pada siklus I hasilnya 5,21 meningkat menjadi 7,1 pada siklus II; dan (3) Proses belajar mengajar penulisan karya ilmiah lebih berbobot, menarik, dan menyenangkan.
Kata Kunci: Task Based Language Teaching, keterampilan menulis, peningkatan.